Kelompok Riset (KeRis)

1. KeRis DiMas (Matemathics and Science in Elementary Education)

 

Definisi

KeRis DiMas Mathematics and Science in Elementary Education mencakup kelompok dosen yang memiliki fokus dalam berinovasi dan mengembangkan sistem atau proses pembelajaran Matematika dan Sains untuk siswa pada tingkat pendidikan dasar. 

Visi 

Menjadi pusat keunggulan dalam pengembangan strategi pembelajaran Matematika dan Sains untuk pendidikan dasar, mendorong prestasi optimal dan pemahaman
konsep yang mendalam bagi setiap siswa.

Misi
  1. Merancang dan menerapkan strategi pembelajaran inovatif yang memfasilitasi pemahaman konsep Matematika dan Sains secara menyeluruh.
  2. Memberikan dukungan kepada para pendidik dalam penggunaan metode yang efektif dan efisien untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
  3. Menyediakan sumber daya pendidikan yang berkualitas untuk memperkaya pengalaman belajar siswa.
  4. Melibatkan diri dalam penelitian dan pengembangan untuk terus memperbarui dan meningkatkan strategi pembelajaran.
  5. Menjalin kemitraan dengan lembaga pendidikan dan pemangku kepentingan lainnya guna memperluas dampak positif pada pendidikan dasar.
Mandat/Tujuan
Tujuan Umum:

KeRis DiMas Mathematics and Science in Elementary Education diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dosen dan mahasiswa S2 pendidikan dasar dengan fokus pada strategi pembelajaran Matematika dan Sains, sehingga setiap siswa dapat mencapai pemahaman konsep yang mendalam dan prestasi optimal dalam kedua mata pelajaran tersebut.

Tujuan Khusus:
  1. Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami dan menerapkan konsep Matematika dan Sains dalam pendidikan dasar.
  2. Mendukung pendidik dalam penggunaan metode pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan kompetensi mahasiswa.
  3.  Mengembangkan sumber daya pendidikan yang memfasilitasi pembelajaran efektif di bidang Matematika dan Sains.
  4. Menyebarkan inovasi dan praktik terbaik dalam strategi pembelajaran ke lembaga pendidikan lainnya.
  5.  Berkontribusi pada penelitian dan pengembangan untuk terus meningkatkan efektivitas strategi pembelajaran.
Urgensi Penelitian

KeRis DiMas Mathematics and Science in Elementary Education ini sangat penting karena Matematika dan Sains adalah dua mata pelajaran inti yang memainkan peran krusial dalam pengembangan pemahaman logika, keterampilan analitis, dan kemampuan problem-solving siswa. Meningkatnya kompleksitas kurikulum dan tuntutan dunia modern menempatkan tekanan pada pendidikan dasar untuk memastikan bahwa siswa memperoleh pemahaman yang kuat dalam kedua mata pelajaran ini. Oleh karena itu, penelitian ini mendesak untuk mengidentifikasi strategi pembelajaran yang paling efektif dan inovatif agar pendidikan dasar dapat memenuhi tuntutan masa depan.

Tingkat Kebaruan

KeRis DiMas berfokus pada pengembangan strategi pembelajaran yang inovatifdan memadukan pendekatan baru dalam mengajar Matematika dan Sains. Tingkat kebaruan terletak pada integrasi teknologi, pendekatan aktif, dan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan individual siswa serta lingkungan pertanian industrial. Selain itu, KeRis DiMas berkomitmen untuk mengikuti tren terkini dalam penelitian pendidikan dan terus memperbarui strategi pembelajaran berdasarkan temuan-temuan terbaru. Dengan demikian, KeRis DiMas membawa aspek kebaruan yang signifikan dalam meningkatkan pendidikan dasar di bidang Matematika dan Sains dalam pendidikan dasar.

Road Maps

2. KeRis DiMas (Social and Humaniora in Elementary Education)

Definisi

KeRis DiMas Social and Humaniora in Elementary Education mencakup kelompokdosen yang memiliki fokus dalam berinovasi dan mengembangkan sistem atau proses pembelajaran Sosial dan Humaniora untuk mahasiswa pada tingkat pendidikan dasar.

Visi 

Menjadi pusat keunggulan dalam pengembangan strategi pembelajaran Sosial dan Humaniora untuk pendidikan dasar, bertujuan mendorong pencapaian optimal dan pemahaman yang mendalam terhadap konsep sosial dan humaniora bagi setiap siswa. 

Misi
  1. Merancang dan menerapkan strategi pembelajaran inovatif yang memfasilitasi pemahaman konsep sosial dan humaniora secara menyeluruh.
  2. Memberikan dukungan kepada para pendidik dalam penggunaan metode yang efektif dan efisien untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
  3. Menyediakan sumber daya pendidikan yang berkualitas untuk memperkaya pengalaman belajar siswa.
  4. Melibatkan diri dalam penelitian dan pengembangan untuk terus memperbarui dan meningkatkan strategi pembelajaran.
  5. Menjalin kemitraan dengan lembaga pendidikan dan pemangku kepentingan lainnya guna memperluas dampak positif pada pendidikan dasar.
Mandat/Tujuan
Tujuan Umum:

KeRis DiMas Social and Humaniora in Elementary Education diselenggarakan dengan maksud meningkatkan mutu pendidikan dasar melalui penekanan pada strategi pembelajaran Sosial dan Humaniora. Hal ini bertujuan agar setiap mahasiswa mampu mencapai pemahaman konsep yang mendalam dan meraih prestasi optimal di kedua bidang pelajaran tersebut.

Tujuan Khusus:
  1. Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami dan menerapkan konsep sosial dan humaniora dalam pendidikan dasar.
  2. Mendukung pendidik dalam penggunaan metode pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan kompetensi mahasiswa.
  3.  Mengembangkan sumber daya pendidikan yang memfasilitasi pembelajaran efektif di bidang sosial dan humaniora
  4. Menyebarkan inovasi dan praktik terbaik dalam strategi pembelajaran ke lembaga pendidikan lainnya.
  5.  Berkontribusi pada penelitian dan pengembangan untuk terus meningkatkan efektivitas strategi pembelajaran.
Urgensi Penelitian

KeRis DiMas Social and Humaniora in Elementary Education ini sangat penting karena Sosial dan Humaniora adalah dua disiplin inti yang memegang peran penting dalam pengembangan pemahaman logika, keterampilan analitis, dan kemampuan problem-solving siswa yang dikaitkan dengan lingkungan pertanian industrial. Dengan meningkatnya kompleksitas kurikulum dan tuntutan zaman modern, pendidikan dasar dihadapkan pada tekanan untuk memastikan bahwa siswa memperoleh pemahaman yang kuat dalam kedua mata pelajaran tersebut. Oleh karena itu, penting untuk melakukan penelitian guna mengidentifikasi strategi pembelajaran yang paling efektif dan inovatif agar pendidikan dasar dapat memenuhi tuntutan masa depan.

Tingkat Kebaruan

KeRis DiMas berfokus pada pengembangan strategi pembelajaran yang inovatifdan memadukan pendekatan baru dalam mengajar Sosial dan Humaniora. Tingkat kebaruan terletak pada integrasi teknologi, pendekatan aktif, dan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan individual siswa serta lingkungan pertanian industrial. Selain itu, KeRis DiMas berkomitmen untuk mengikuti tren terkini dalam penelitian pendidikan dan terus memperbarui strategi pembelajaran berdasarkan temuan-temuan terbaru. Dengan demikian, KeRis DiMas membawa aspek kebaruan yang signifikan dalam meningkatkan pendidikan dasar di bidang Sosial dan Humaniora dalam pendidikan dasar.

Road Maps

3. KeRis DiMas (Language and Literature in Elementary Education)

Definisi

KeRis DiMas Language and Elementary in Elementary Education merupakan kelompok dosen yang berfokus pada inovasi dalam pengembangan sistem atau proses pembelajaran bahasa dan dasar-dasar dalam pendidikan dasa

Visi 

Menjadi pusat keunggulan dalam pengembangan strategi pembelajaran dasar yang inovatif dan berorientasi pada bahasa, membentuk generasi yang kompeten dan kreatif dalam menghadapi tantangan global.

Misi
  1. Merancang dan menerapkan strategi pembelajaran inovatif yang memfasilitasi pemahaman bahasa dan dasar-dasar pendidikan pada tingkat dasar, dengan berfokus pada inovasi dan keunggulan.
  2. Menyusun kurikulum yang adaptif dan berbasis penelitian untuk memenuhi kebutuhan perkembangan anak-anak pada tahap pendidikan dasar, mencakup pengembangan keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
  3. Mendorong partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode yang interaktif, mendukung pemikiran kritis, kreativitas, dan kemandirian. Melibatkan diri dalam penelitian dan pengembangan untuk terus memperbarui dan meningkatkan strategi pembelajaran.
  4. Memberdayakan dosen melalui pelatihan berkelanjutan, penelitian kolaboratif, dan pertukaran pengetahuan, guna memastikan kualitas pengajaran yang terkini dan relevan.
  5. Berkolaborasi dengan komunitas pendidikan, orang tua, dan pihak terkait untuk menciptakan ekosistem pendidikan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan holistik peserta didik.
  6. Melakukan evaluasi sistematis terhadap strategi pembelajaran yang diterapkan, dengan tujuan terus meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam mencapai hasil pembelajaran yang optimal.Menjalin kemitraan dengan lembaga pendidikan dan pemangku kepentingan lainnya guna memperluas dampak positif pada pendidikan dasar.
Mandat/Tujuan
Tujuan Umum:

KeRis DiMas Language and Elementary in Elementary Education diadakan dengan tujuan untuk mengembangkan dan menerapkan strategi pembelajaran bahasa dan dasar-dasar pendidikan tingkat dasar yang inovatif, berorientasi pada hasil, dan membantu peserta didik mencapai potensi maksimal mereka. 

Tujuan Khusus:
  1. Merancang dan mengimplementasikan kurikulum yang menekankan pembelajaran bahasa dan dasar-dasar pendidikan dengan pendekatan inovatif. 
  2. Meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran melalui metode interaktif dan stimulatif. 
  3. Mendorong pengembangan keterampilan bahasa, keterampilan berpikir kritis, dan pemahaman konsep dasar.
  4. Menilai secara terus-menerus efektivitas strategi pembelajaran dan melakukan penyesuaian berdasarkan hasil evaluasi.
  5. Meningkatkan kualitas pengajaran dengan memberdayakan dosen melalui pelatihan berkelanjutan dan pertukaran pengetahuan.
Urgensi Penelitian

KeRis DiMas Language and Elementary in Elementary Education ini sangat penting karena tuntutan akan pendidikan yang efektif dan relevan semakin meningkat di era globalisasi ini. Dengan memahami dan menerapkan strategi pembelajaran bahasa dan dasar-dasar pendidikan yang inovatif, dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih dinamis dan responsif terhadap kebutuhan peserta didik. Pendidikan yang berkualitas pada tingkat dasar membentuk dasar yang kuat bagi perkembangan selanjutnya, mempersiapkan generasi masa depan untuk menghadapi tantangan yang kompleks.

Tingkat Kebaruan

KeRis DiMas berfokus membawa kontribusi signifikan pada bidang pendidikan dengan menggabungkan inovasi dalam strategi pembelajaran dan pendekatan khusus untuk pembelajaran bahasa dan dasar-dasar. Fokus pada keterlibatan siswa, pengembangan keterampilan kritis, dan penilaian kontinu memberikan dimensi baru pada upaya peningkatan pendidikan dasar. Keberanian untuk mengubah paradigma dan menerapkan strategi baru membuat penelitian ini tinggi tingkat kebaruan, berpotensi memberikan dampak positif pada praktek pendidikan di tingkat dasar secara luas.

Road Maps